Materi 9 Bisnis Internasional
MATERI PERTEMUAN 9 STRATEGI UNTUK MENGANALISA PASAR DAN MEMASUKI PASAR LUAR NEGERI
7.1. Analisa Pasar Luar Negeri
Analisa pasar adalah metode analisis dan penilian pasar yang memungkikan manajemen untuk mengidentifikasikan sejumlah kecil pasar yang diinginkan dengan mengeliminasi pasar-pasar yang dianggap kurang menarik. Hal tersebut dilakukan dengan memasukkan pasar-pasar tersebut dalam serangkaian proses penyaringan pasar berdasarkan kekuatan-kekuatan lingkungan.
Aspek penting dalam perumusan strategi internasional adalah menentukan pasar yang akan dimasuki. Untuk meningkatkan pangsa pasar, pendapatan dan profit, perusahaan harus melakukan tiga langkah, yaitu:
1. Melakukan penilaian terhadap pasar-pasar luar negeri alternatif
Dalam menilai pasar luar negeri alternatif, perusahaan harus mempertimbangkan berbagai macam faktor, antara lain:
Potensi pasar
Tingkat persaingan
Lingkungan hukum dan politik
Pengaruh sosiokultural
2. Mengevaluasi biaya, keuntungan dan resiko memasuki masing-masing pasar
Biaya
Ada dua jenis biaya yang relevan yaitu; biaya langsung dan biaya kesempatan. Biaya langsung adalah biaya yang dikeluarkan pada saat perusahaan masuk ke dalam pasar luar negeri yang baru dan meliputi biaya untuk mendirikan perusahaan (misalnya: sewa-beli (leasing) atau membeli fasilitas tertentu, mutasi manajer dan mengirimkan alat-alat dan produk barang dagangan. Karena perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas, masuk ke pasar tertentu mungkin menghalangi atau menunda masuk ke pasar lain. Laba yang akan diperoleh perusahaan di pasar kedua ini merupakan biaya kesempatan (opportunity cost)
Keuntungan
Diantara potensi keuntungan adalah penjualan dan profit yang diharapkan, keuntungan yang lain mencakup biaya akuisisi dan manufaktur yang lebih murah (jika harga bahan baku dan tenaga kerja murah), menutup akses pesaing ke pasar tersebut, keunggulan bersaing, akses teknologi baru dan kesempatan mencapai sinergi dengan operasi lain
Resiko
Secara umum, perusahaan yang masuk ke pasar baru menghadapi resiko antara lain: fluktuasi nilai tukar, kompleksitas operasi yang meningkat dan kerugian finansial langsung yang disebabkan karena penilaian yang tidak akurat tentang penilaian pasar.
3. Memilih pasar yang paling potensial untuk dimasuki atau untuk melakukan ekspansi.
Memilih cara masuk (mode of entry) antara lain meliputi:
Keunggulan kepemilikan
Keunggulan lokasi
Keunggulan internalisasi
Faktor-faktor lain:- kebutuhan akan pengendalian
- ketersediaan sumber daya
- strategi global
7.2. Cara-cara Memasuki Pasar Luar Negeri
Seperti kebanyakan aktivitas bisnis, pilihan cara masuk ke pasar tertentu sering merupakan pilihan antara tingkat resiko yang ditanggung perusahaan, potensi keuntungan yang didapat dari pasar, besarnya tingkat komitmen sumber daya yang diperlukan untuk bersaing secara efektif dan tingkat pengendalian perusahaan yang diinginkan. Cara-cara memasuki pasar luar negeri antara lain meliputi:
7.2.1. Ekspor
Ekspor merupakan aktivitas bisnis internasional yang paling umum. Ada bebarapa bentuk ekspor yaitu ekspor tidak langsung (indirect exporting), ekspor langsung (direct exporting) dan transfer intra-korporat(intracorporate transfer)
Ekspor Tidak Langsung (Indirect Exporting) terjadi ketika perusahaan menjual produknya ke pelanggan domestik yang kemudian mengekspor produk tersebut baik dalam bentuk asli maupun dalam bentuk yang sudah mengalami modifikasi.
Ekspor langsung (direct exporting) terjadi melalui penjualan baik ke distributor maupun pemakai akhir yang berada di luar negara asal perusahaan.
Transfer intrakorporat (intercorporate transfer) adalah penjualan barang oleh perusahaan tertentu dalam negara tertentu ke perusahaan afiliasinya di negara lain.
Keunggulan Utama dari Ekspor antara lain:
Keterpaparan finansial relatif rendah
Masuk ke pasar secara bertahap
Memperoleh pengetahuan tentang pasar lokal
Menghindari pembatasan terhadap penanaman modal asing
Kelemahan Utama dari ekspor, antara lain:
Rentan terhadap terhadap hambatan dagang tarif dan non-tarif
Logistik yang kompleks
Berpotensi terjadinya konflik dengan distributor
7.2.2. Lisensi
Lisensi (licensing) yaitu perusahaan tertentu yang disebut pemilik lisensi (licensor) menyewakan hak untuk memakai property intelektualnya, teknologi, metode kerja, hak paten, hak cipta, nama cap atau merek dagang ke perusahaan lain yang disebut penerima lisensi (licensee) dan sebagai imbalannya penerima lisensi harus membayar fee. Isu-isu dasar dalam lisensi internasional antaraa lain:
Menentukan batasan perjanjian.
Pemilik lisensi dan penerima lisensi harus menentukan hak dan keistimewaan yang diberikan dan juga yang tidak diberikan di dalam perjanjian.
Menentukan kompensasi
Kompensasi dalam perjanjian lisensi disebut royalty (royalty). Royalti biasa dibayar ke peimilik lisensi dalam bentuk fee tetap yakni jumlah tetap per unit yang terjual atau yang paling umum persentase penjualan produk atau jasa yang dilisensikan. Besar royalty sering ditentukan oleh kekauatan pasar yang umum yaitu sebesar 3%-5% dari penjualan.
Menyusun hak, keistimewaan dan batasan
Perjanjian lisensi biasanya membatasi kebebasan pemegang lisensi untuk memberitahukan informasi yang diperolehnya dari pemilik lisensi ke pihak ketiga, menentukan jenis dan bentuk catatan yang harus disimpan oleh penerima lisensi tentang penjualan produk atau jasa yang dilisensikan dan menentukan standar hokum (litigation) yang sangat mahal, perjanjian lisensi harus mencantumkan secara mendetail cara pihak-pihak tersebut akan menyelesaikan perselisihan.
Menentukan jangka waktu
Biasanya, pemilik lisensi menginginkan pemegang lisensi melakukan usaha-usaha pengembangan pasar. Semakin besar biaya investasi yang dikeluarkan oleh penerima lisensi, semakin panjang jangka waktu perjanjian lisensi.
Keuntungan lisensi antara lain:
Resiko finansial rendah
Cara yang murah dalam menilai potensi pasar
Menghindari hambatan tariff dan non tariff serta permbatasan PMA
Pemberi lisensi memberi infomasi tentang pasar local
Kekurangan lisensi antara lain:
Kesempatan pasar/profit terbatas
Tergantung pada penerima lisensi
Berpotensi terjadinya konflik dengan penerima lisensi
Kemungkinan menciptakan pesaing di masa yang akan datang
7.2.3. Waralaba Internasional (Franchising)
Waralaba (franchising) merupakan bentuk khusus lisensi. Waralaba memungkinkan pemilik waralaba memiliki lebih banyak pengendalian terhadap penerima waralaba dan menyediakan lebih banyak dukungan dari pemilik waralaba daripada dalam kasus hubungan pemilik lisensi-penerima lisensi. Perjanjian waralaba memberi pengusaha independen atau organisasi, disebut penerima waralaba (franchisee) untuk mengoperasikan bisnis dengan nama pihak lain yang disebut pemilik waralaba (franchisor) dengan imbalan berupa fee.
Keuntungan waralaba antara lain:
Resiko finansial rendah
Cara yang murah dalam menilai potensi pasar
Menghindari hambatan tariff dan non tariff serta permbatasan PMA
Pemberi waralaba memberi infomasi tentang pasar local
Kekurangan waralaba antara lain:
Kesempatan pasar/profit terbatas
Tergantung pada penerima lisensi
Berpotensi terjadinya konflik dengan penerima waralaba
Kemungkinan menciptakan pesaing di masa yang akan datang
7.2.4. Kontrak Manufaktur
Kontrak manufaktur (contract manufacturing) dipakai oleh perusahaan baik besar maupun kecil yang memakai sebagian besar dan seluruh sumber daya dari perusahaan lain (outsource) untuk memenuhi semua kebutuhan manufaktur bagi perusahaan lain. Strategi ini mengurangi sumber daya finansial dan manusia yang dimiliki perusahaan yang harus disediakan dalam proses produksi.
Keunggulan kontrak manufaktur antara lain:
Resiko rendah finansial
Memperkecil sumber daya yang dipakai
Memfokuskan sumber daya pada elemen lain dalam rantai value chain
Kelemahan kontrak manufaktur anatara lain:
Pengendalian yang berkurang
Mengurangi potensi pembelajaran
Berpotensi tumbunya masalah
Perlu memonitor kondisi kerja
7.2.5. Kontrak Manajemen
Kontrak manajemen (management contract) adalah perjanjian yang mengharuskan perusahaan menyediakan bantuan manajerial, keahlian teknis atau jasa terspesialisasi kepada perusahaan kedua dalam jangka waktu yang telah disetujui dengan dasar kompensasi uang. Untuk jasanya tersebut, perusahaan pertama menerima flat fee atau persentase tertentu dari penjualan. Kontrak manajemen juga menentukan bonus kinerja berdasarkan profitabilitas, pertumbuhan penjualan atau ukuran kualitas.
Keunggulan kontrak manajemen antara lain:
Memfokuskan sumber daya perusahaan pada bidang keahliannya
Keterpaparan finansial yang minim
Kekurangan kontrak manajemen antara lain:
Tingkat kembalian terbatas pada kontrak
Dapat pula secata tidak sengaja mentransfer pengetahuan dan teknik mengenai kepemilikan kepada pihak yang dikontrak.
7.2.6. Strategi Greenfield
Strategi greenfield merupakan cara memasuki pasar internasional dengan membangaun fasilitas baru.
Keunggulan Strategi greenfield antara lain:
Perusahaan dapat memilih lokasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan membangun fasilitas modern dan terbaru
Dapat menciptakan lapangan kerja baru
Manajer tidak perlu berurusan dengan hutang yang masih berjalan, mengurus peralatan yang sudah ketinggalan jaman atau berjuang memodifikasi peraturan kerja lama yang dilindungi oleh serikat kerja yang keras.
Kekurangan strategi greenfield antara lain:
Implementasi yang sukses membutuhkan waktu dan kesabaran
Dalam hal lain, mungkin lokasi yang diharapkan tidak ada atau sangat mahal
Dalam membangun perusahaan baru, perusahaan harus mematuhi berbagai peraturan nasional dan local dan juga mengawasi pembangunan
Perusahaan harus merekrut tenaga kerja lokal dan memberikan pelatihan supaya dapat memenuhi standar kerja perusahaan
Dengan membangun perusahaan baru, perusahaan tersebut akan lebih dipandang sebagai perusahaan asing.
7.2.7. Akuisisi
Akuisisi atau strategi brownfield merupakan strategi memasuki pasar internasional dengan cara membeli asset yang ada di luar negeri.
Keunggulan akusisi antara lain:
Pembeli dapat langsung mengendalikan jalannya pabrik, para karyawan, merk dan jaringan distribusi perusahaan.
Tidak perlu menambah kapasitas baru pada industri tersebut, jika suatu saat terjadi kelebihan kapasitas, ini merupakan suatu keuntungan
Akuisisi dilakukan perusahaan sebagai alat untuk mengimplementasikan perubahan strategi yang besar.
Kekurangan akusisi antara lain:
Strategi akusisi, walaupun sederhana tetapi sangat kompleks dalam melibatkan bankir, pengacara, penyusun kebijakandan tenaga spesialis merjer dan akuisis dari beberapa negara.
Perusahaan yang mengakuisisi (the acquiring firm) menanggung semua kewajibannya seperti finansial, manajerial dan yang lainnya dari perusahaan yang diakuisisi (the acquired firm)
ReplyDeleteSaya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada Abah JAYA saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs Abah JAYA sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan Abah JAYA menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak abah
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat abah,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik abah.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
Hub;Abah JAYA di; 083 137 512 792
trimakasih roomnya
Bpk. Indra Nasution Dari medan
SALAM KENAL SEMUA...!!!
"Inilah kisah nyata kami. tampa rekayasa"
Terlebih dahulu saya sekeluarga mengucapkan banyak Trimakasih Kepada Bapak ABAH JAYA
Yang tlah membantu kami sekeluarga. Syukur "ALHAMDULILLAH" Hal yg tidak pernah terbayangkan
dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti sekarang ini.
Munkin dulu akulah orang paling terpuruk masalah ekonomi, karna tidak punya pekerjaan tetap
dan kebutuhan keluarga selalu kekurangan.
Dan suatu saat saya mau pinjam uang kepada tetangga kami yang lebih mampu.
dan tetangga saya menyarankan untuk minta bantuan kepada "ABAH JAYA"
katanya dia dulu juga dibantu sama beliau melalui (PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL)
Dan alhamdulillah bisa seperti sekarang.orang paling sukses dikampung kami
Saya pun minta nomor telpon ABAH JAYA dan pulang kerumah untuk menghubunginya
menceritakan penderitaan kami sekeluarga dan Alhamdulillah beliau bersedia membantu kami
Dengan -PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL- Inilah pertama kalinya Saya melihat uang sebanyak ini
kami sudah bisa bayar hutang-hutang kami dan sudah bisa buka usaha dan Alhamdulillah sampai sekarang
kami bisa menjadi orang sukses berkat bantuan Bpk. KH.Fatulloh Harun
inilah kisah nyata kami Tampa REKAYASA.
Mudah-mudahan kisah hidup kami. bisa membantu saudara/saudari semua:
----------ABAH JAYA....AHLI SPIRITUAL---------------
Bisa membantu permasalahan anda sebagai berikut dibawah ini:
1. PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL
2. TRANSPER JANIN
3. PINJAMAN DANA GAIB
4. PELET PEMIKAT LAWAN JENIS
Atau lebih jelasnya Hubungi:
ABAH JAYA no.Hp: 083 137 512 792 whatsApp: 083 137 512 792
terimakasih yg punya room.